Bagaimana Cara Berinvestasi yang baik dan bener?

Saya telah mewawancarai ratusan orang tentang uang selama bertahun-tahun – baik itu orang kaya dan orang miskin – selalu ada perbedaan yang mencolok: Orang kaya adalah investor.

Apa yang membuat mereka tampak berbeda? Bukan hanya soal menghabiskan setiap sen, investor menggunakan uangnya untuk memperoleh hal-hal yang menawarkan potensi untuk meraup keuntungan, baik melalui bunga, pendapatan, atau nilai apresiasi.

Sebagai pendekatan anda dalam mengelola uang, anda akan belajar untuk mencurahkan sumber daya terbatasmu pada hal-hal dengan potensi terbesar untuk hasil. Hal ini mungkin dapat membayar hutang, membayar iuran sekolah atau memperbaiki rumah keluarga. Tentu saja, itu juga berarti membeli saham dan obligasi – baik secara individual atau sebagai reksa dana atau dana yang diperdagangkan dalam bursa.

Berkat teknologi, dunia investasi menawarkan peluang yang sangat besar bagi siapa saja dengan beberapa dolar dan koneksi internet. Ini tugas saya untuk membantu anda menyaring info-info yang beredar, mempelajari dasar-dasar, dan membuat keputusan investasi yang baik dari awal.

Jadi, dibawah ini adalah dasar-dasar untuk berinvestasi secara bijaksana:

  • Investasi vs Berjudi

Semua investasi melibatkan resiko. Tetapi ada perbedaan besar diantara investasi cerdas dan perjudian. Membeli “saham panas” tanpa melakukan penelitian lebih lanjut adalah perjudian. Rajin menyisihkan uang, menempatkan saham terbaik atau dana untuk tujuan anda dan memasukkannya ke dalam rencana jangka panjang. Itu adalah investasi.

Jika anda menyukai untuk meneliti saham dan membuat perdagangan dengan cepat guna mencari keuntungan jangka pendek, tentu saja bisa. Ini sangat menyenangkan. Saya tidak merekomendasikan anda untuk melakukan dengan modal lebih dari 10%.

Saya ingin menunjukkan cara agar anda dapat berinvestasi dengan baik untuk masa depanmu.

  • Bagaimana Cara Berinvestasi Untuk Pertama Kali ?

Investasi seperti agama – setiap orang memiliki pendapat yang kuat dan bahkan bisa saja termasuk salah satu dari banyak sekte atau aliran dari pemikiran.

Untuk memulai investasi, anda harus membuat beberapa pilihan:

  1. Memilih platform anda

Pertama, anda harus memilih sebuah platform yang dapat digunakan untuk berinvestasi. Platform yang tersedia meliputi:

  • Makelar saham online
  • Roboadvisors seperti Betterment atau Wealthfront
  • Aplikasi investasi seperti Stash
  • Akun reksadana langsung
  • Program re-investasi dividen

Sampai anda dapat berinvestasi dengan nyaman, saya sarankan anda untuk membeli reksadana atau ETF, baik melalui makelar online atau akun reksadana langsung. Bagi siapa saja yang tidak tertarik dalam memilih investasi secara pribadi, Betterment menawarkan cara yang sangat sederhana untuk mendapatkan eksposur terhadap total saham dan pasar obligasi.

Jika anda ingin berinvestasi dengan sangat mudah, coba cek Stash, sebuah aplikasi yang mengijinkan anda untuk berinvestasi langsung melalui ponsel hanya dengan modal US$ 5.

  1. Memilih jenis akun anda

Selanjutnya, anda harus memilih apakah anda berinvestasi didalam akun pensiun pribadi (IRA) atau akun fiscal umum. IRA atau Roth IRA memberikan keuntungan pajak tertentu sebagai insentif untuk menabung masa pensiun. Kekurangannya adalah terdapat batasan pada seberapa banyak yang anda kontribusikan ke dalam akun setiap tahun dan saat anda harus menarik uang. Jika anda baru ingin berinvestasi dan dapat memulai menyisihan uang untuk masa pensiun, saya sarankan anda semua untuk berinvestasi bersama Roth IRA.

Jika anda sudah memiliki akun masa pensiun atau perlu menginvestasikan uang guna tujuan lain (seperti membeli rumah atau memulai bisnis), akun makelar biasa bisa anda andalkan. Perlu diingat bahwa keuntungan dari modal anda – uang yang anda peroleh saat anda menjual aset untuk mendapatkan pembayaran lebih – itu adalah pajak.

  1. Memilih investasi anda

Pada akhirnya, anda harus memilih investasi.

Ini adalah dimana anda mendapatkan sesuatu yang luar biasa. Saran dari saya adalah untuk tetap menetap dengan reksadana daripada saham dan obligasi pribadi sampai anda benar-benar menguasainya. Dana memungkinkan anda untuk berinvestasi dalam portofolio saham dan obligasi dalam satu transaksi, dan tidak memperdagangkan mereka semuanya. Dana investasi tidak hanya aman (karena mereka diversifikasi), hal tersebut kerap jauh lebih murah untuk berinvestasi dengan cara ini karena bukannya membayar komisi perdagangan untuk membeli selusin atau saham yang berbeda dimana anda akan membayar hanya satu komisi perdagangan atau tidak sama sekali.

  • Beberapa Saran Terakhir

Faktor yang paling penting dalam menjadi seorang investor yang sukses bukanlah saham dan dana yang anda pilih. Investasi yang sukses tergantung pada:

  1. Memilih alokasi aset yang tepat, campuran keseluruhan obligasi, saham dan uang tunai yang anda pegang didalam portofolio anda
  2. Membuat dan berpegang dengan rencana investasi otomatis untuk menghindari membuatnya terlihat mengerikan
  3. Pilihan tepat bagi anda yang bermodal kecil tetapi tetap ingin mencoba melakukan investasi online jangka pendek yang dianggap sebagai cara terbaik / tercepat dalam mendapatkan uang secara cepat adalah dengan opsi biner

Dengan mengikuti hal-hal yang saya sebutkan, percayalah jika suatu saat nanti investasi anda akan membuahkan hasil yang manis dan anda akan kaya dengan cepat.